admin / May 6, 2020

Cara Lengkap Belajar Google Keyword Planner di Kursus SEO

Kursus Seo – Mencari celah untuk masuk di halaman utama adalah langkah yang selalu di tuju banyak orang ketika membangun sebuah website. Namun upaya seperti ini tidak selalu mudah. Karena tingkat persaingan di dalam mesin pencari memiliki banyak pesaing ketak yang mana mungkin membangun website serupa.

Melalui kursus SEO, Anda bisa belajar lengkap bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner untuk mengembangkan website menjadi lebih baik. Lantas bagaimana harus memulainya? Simak ulasan kami berikut.

Apa yang dimaksud Google Keyword Planner?

Ini adalah alat penelitian kata kunci (keyword) yang disertakan dengan layanan iklan Google. Bahkan, alat ini dibuat untuk beriklan di Google Ads. Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan lain, yaitu untuk meneliti kata kunci (keyword) SEO.

Sebagai salah satu fungsi Iklan Google, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan iklan Google untuk menggunakan Perencana Kata Kunci Google. Namun, yakinlah, Anda dapat menggunakan Perencana Kata Kunci Google tanpa harus beriklan di Google.

Cara mendaftar Google Keyword Planner

Seperti disebutkan tadi, ada dua cara untuk mendaftar dengan Google Keyword Planner. Ketika Anda benar-benar akan menggunakan Google Keyword Planner dan Google AdWords, maka terlebih dahulu membuat Google AdWords dan bisa mengikuti panduannya.

Namun, ketika Anda hanya memilih Google Keyword Planner, Anda dapat mengikuti instruksi berikut ini:

  1. Buka Google ads

Pilih menu Alat (tools) >> Keyword Planner.

  1. Reigister akun baru

Register akun baru untuk Google ads yang Anda inginkan dengan cara klik (new goggle ads account).

  1. Memilih tujuan pembuatan Google ads

Ada tiga opsi untuk memilih tujuan penggunaan Google ads. Hal pertama dapat memungkinkan mesin pencari untuk menghubungi bisnis Anda. Berikutnya bisa arahkan mesin pencari ke situs web bisnis Anda. Terakhir arahkan mesin pencari langsung menuju lokasi bisnis Anda. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan bisnis Anda saat ini.

  1. Input informasi bisnis dengan benar

Jika pada tahap sebelumnya Anda lebih memutuskan untuk mengarahkan pengguna ke situs, maka selanjutnya disini Anda mengisi situs bisnis.

  1. Tentukan cakupan konsumen

Pada langkah selanjutnya, disini Anda juga wajib menentukan seberapa jauh untuk jangkauan konsumen Anda dengan iklan.

  1. Tetapkan tujuan pencarian

Di langkah ini Anda perlu menentukan di mana pencarian iklan nantinya akan muncul. Dalam kursus SEO ini, kami menciptakan bisnis toko mainan anak, jadi kami memilih pencarian yang terkait dengan semua jenis dan bentuk mainan anak.

  1. Buat judul dan deskripsi

Jika sudah menentukan tujuan pencarian, Anda bisa lanjutkan membuat judul dan deskripsi untuk iklan yang akan di tampilkan.

  1. Tetapkan anggaran

Setelah judul dan deskripsi berhasil Anda buat, selanjutnya bis menetapkan anggaran untuk iklan Anda di Google ads nantinya.

  1. Melihat tayangan Iklan

Sebelum iklan dimuat, Anda wajib melihat iklan yang di buat tadi. Verifikasi bahwa informasi yang Anda masukkan benar.

  1. Menentukan metode pembayaran

Kami telah sebutkan sebelumnya, Anda bisa saja tidak mengaktifkan iklan yang di buat apabila tidak memiliki planning untuk menayangkan iklan di Google. Namun Anda dapat menentukan metode pembayaran manual atau melalui transfer bank.

Jika sudah, Anda nantinya menerima rekening bank dari Google untuk melakukan proses pembayaran. Tapi ketika Anda tidak menyelesaikan pembayaran ini, makaiklan yang Anda buat tidak aktif. Dengan cara ini Anda dapat fungsikan Google Keyword Planner untuk iklan tanpa perlu menggunakan Google Ads.

Cara menggunakan Google Keyword Planner

Dengan mengonfirmasi alamat email, Anda secara otomatis diarahkan ke panel iklan Google. Untuk menggunakanya, Anda bisa membuka menu alat (tools) di sudut kanan atas dan pilih Keyword Planner.

Google Keyword Planner menawarkan dua fungsi kepada Anda, diantaranya: mencari kata kunci baru dan mendapatkan volume pencarian dan perkiraan. Inilah cara menggunakan kedua fungsi tersebut.

  1. Temukan kata kunci baru (Discover New Keywords)

Ada dua cara untuk menemukan petunjuk kata kunci di Google Keyword Planner. Pertama yakni memasukkan kata kunci yang ingin Anda teliti. Masukkan kata kunci yang terkait dengan topik di situs Anda.

Google Keyword Planner juga memberikan informasi seperti berikut ini.

(Average Monthly Search) jumlah rata-rata pencarian kata kunci setiap bulan

(Competition): tingkat kesulitan memenangkan kata kunci

Top of page bid (low range): Tawaran paling rendah yang ditawarkan pengiklan.

Top of page bid (high range): Tawaran paling tinggi yang ditawarkan oleh pengiklan.

Broaden your search: saran kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang dimasukkan sebelumnya

Cara berikutnya untuk mencari kata kunci di Google Keyword Planner yakni cukup memasukkan alamat situs Anda disana. Dimana dari alamat situs Anda dan Google Keyword Planner akan menganalisis kata kunci yang terkait dengan situs Anda.  Informasi yang disediakan oleh Google Keyword Planner sama pada cara sebelumnya.

  1. Dapatkan volume pencarian dan perkiraan (Get Search Volume and Forecast)

Fungsi kedua dari Google Keyword Planner yakni untuk mendapatkan volume pencarian dan perkiraan (Get Search Volume and Forecast). Ini berfungsi memberikan informasi akurat tentang perkiraan dan indikator historis.

Untuk memulai, Anda bisa masukkan kata kunci yang ingin Anda teliti. Prakiraan ini menyediakan informasi berikut:

Klik (Clicks): Perkiraan jumlah klik yang akan diterima.

Tayangan (Impression): Perkiraan jumlah tayangan yang akan diterima.

Biaya (Cost): Biaya memposting iklan untuk kata kunci ini.

CTR: Perkiraan rasio klik-tayang yang akan diterima

Average CPC: Perkiraan biaya per klik rata-rata

Average position: Taksiran Posisi Iklan di Hasil Pencarian

Informasi kedua ini menjadi indikator historis. Metrik historis berisi informasi yang sama seperti ketika menggunakan fungsi deteksi kata kunci baru.

FILED UNDER : Uncategorized

Submit a Comment

Must be required * marked fields.

:*
:*