admin / June 19, 2020

7 Tips Pindah Rumah Paling Efektif untuk Anda

indonekargo – Proses pindah rumah sebenarnya tidak seribet yang anda bayangkan. Anda bisa simak ragam tips di bawah ini supaya proses pindahan rumah anda bisa berjalan mulus tanpa kendala, tentu anda juga bisa gunakan jasa pindahan rumah. Untuk beberapa orang, proses pindahan rumah memang bisa menjadi sesuatu yang sangat merepotkan. Anda mungkin merasa stress ketika membayangkan berapa banyak furnitur yang harus anda pindahkan ke rumah baru mulai dari ukuran paling kecil seperti vas bunga hingga furnitur besar lainnya yang mempunyai bobot berat seperti lemari pakaian. Namun anda jangan khawatir dulu karena artikel akan memberikan ragam tips dan trik simpel yang membantu proses pindahan anda berjalan lancar tanpa ada kendala. Yuk, langsung saja simak proses pindahan rumah di bawah ini.

Atur surat pindahan terlebih dahulu

Selain mengemas barang, pastikan jika anda tidak lupa untuk mengurus surat pindahan lebih awal. Dokumen tersebut sangat penting karena menyangkut legalitas rumah baru atau bahkan rumah lama anda. Anda mungkin juga perlu menyiapkan surat-surat lainnya yang anda butuhkan seperti surat kepemilikan rumah, surat asuransi rumah, surat pajak, pergantian KTP dan masih banyak lainnya.

Ambil gambar jalur kabel yang dipasang

Tips pindahan rumah satu ini pastinya tidak kalah penting. Sebelum anda bisa mulai mengemas barang, anda bisa mengambil gambar kabel yang terpasang di peralatan elektronik anda. Metode satu ini tentu saja sangat efektif untuk membantu anda bisa mengingat tempat dan posisi kabel pada peralatan elektronik anda seperti mesin cuci, TV, dan masih banyak lainnya.

Singkirkan perlengkapan yang tidak diperlukan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum pindah ke rumah baru adalah declutter. Declutter sendiri merupakan istilah yang artinya kegiatan bersih-bersih dimana anda bisa menyortir semua barang indonekargo yang ada di rumah dan menyingkirkan berbagai barang yang sudah tidak anda gunakan lagi. Proses satu ini menjadi penting karena dengan membuang perlengkapan yang sudah rusak atau tidak terpakai lagi akan membantu mengurangi jumlah perlengkapan atau alat yang akan anda bawa ke rumah baru.

Berkemas lebih awal

Hindari menunggu sehari sebelum hari kepindahan anda untuk mengemasi barang. Akan lebih baik jika persiapan sudah dilakukan sejauh mungkin. Anda bisa membuat daftar per ruangan di dalam rumah anda, apa saja yang anda butuhkan untuk dikemas dan alat apa saja yang anda butuhkan untuk mengemas barang anda. Dengan demikian, anda tidak akan merasa diburu waktu dan tidak sengaja meninggalkan barang penting di rumah lama.

Mulai dari ruangan yang jarang anda gunakan

Setelah anda bisa mengemas daftar ruangan di dalam rumah, anda bisa mulai proses pengemasan dari ruangan yang jarang anda gunakan seperti kamar tamu, garasi, loteng ataupun ruang tamu. Proses tersebut lebih cepat dan mudah karena anda tahu apa saja yang sudah tidak anda gunakan dan mana saja yang anda butuhkan di rumah baru anda.

Lapisi perabotan anda dengan bubble wrap

Ada beberapa alat yang anda butuhkan, bukan hanya kardus dan selotip saja. Kardus memang membantu anda melindungi barang dan efektif digunakan sebagai pengemas segala macam perlengkapan seperti furnitur dan materialnya mudah sobek terutama jika terkena air. Untuk itu, pastikan jika anda menempatkan barang tersebut di dalam kardus lalu lapisi dengan bubble wrap dan selotip. Hal tersebut membuat barang anda lebih aman ketika berada di perjalanan. Barang-barang anda akan aman selama perjalanan menuju rumah baru.

Kemas perabotan sesuai fungsi dan materialnya

Tips pindahan rumah berikutnya adalah memisahkan kategori barang berdasarkan material dan fungsinya. Jangan mengemas barang pecah belah dengan barang berbobot besar di tempat yang sama atau bahan plastik food grade dengan barang plastik lainnya yang tidak ramah lingkungan. Bila anda bisa memisahkan berdasarkan fungsinya, kemas perlengkapan dapur dalam satu kotak kardus, gelas tamu di dalam kotak lainnya dan perlengkapan lainnya. Setelah semua perlengkapan sudah selesai dikemas, pastikan jika anda memberikan kabel di setiap kardus berdasarkan fungsinya. Nah, anda bisa langsung coba tips tersebut dan kemas barang lebih efektif.

FILED UNDER : Uncategorized

Submit a Comment

Must be required * marked fields.

:*
:*